MELIPIR DI KOTA JOGJA PART I

4/01/2016

a92a0-img_20160328_081112

Berlibur adalah hal yang paling gak bisa ditolak oleh semua orang, yap pastinya dengan berlibur yang sudah menjadi hobiku sejak akhir 2014 kemarin. aku mulai sedikit menjamah indonesia perlahan lahan, memahami, mempelajari, dan berekspresi, with travelling im going on and have many story in my life!

Siang itu awal bulan maret, perbincanganku dengan sahabatku, sebut saja Cendana, yang berencana untuk berlibur dan sejenak meninggalkan ibukota serta rutinitasnya, niat kami adalah ingin mengunjungi bangka belitung, kota yang menjadi tujuan destinasi berlibur kita, namun untuk menjamah kebelitung tidak cukup 2 atau 3 hari saja dan butuh waktu yang agak lama untuk bisa menikmati indahnya si belitung, percakapan terus berlanjut dan entah mengapa yogyakarta yang menjadi pilihan pada saat itu, jujur memang yogyakarta adalah salah satu kota favoriteku, walaupun sudah pernah menjamah kesana tapi gak ngerti kenapa rasanya ingin kembali lagi, jogja yang memang selalu memiliki cerita dengan khasnya yang damai, kota yang amat tentram, sapaan delman dan andong di malioboro yang ramah, kota yang banyak menyimpan cerita sehingga siapapun yang kesana, pasti akan merasa ingin berkunjung kembali ke jogja.

Well done kamipun bergegas memesan tiket kereta dari jauh-jauh hari supaya ga kehabisan, yipieeee can't wait!
Oke hari itu, 28 Maret 2016 aku izin libur dari kantor sejenak untuk merefresh semuanya, keretaku kereta ekonomi bengawan yang berangkat pada jam 11.30, pagi itu aku mulai siap-siap packing dan merapihkan baju serta peralatan berliburku, start from head to shoes meskipun gak sampe seminggu tetep lah yang namanya liburan rasanya packing ransel tuh ga ada abisnya rasanya mau bawa aja tuh selemari, hehe

Kami berdua ketemuan di stasiun pasar senen, 10.00 WIB aku yg sudah siap siaga dr rumah bergegas berangkat menuju stasiun pasar senen.

Tibanya di stasiun pasar senen, kami langsung bergegas masuk kedalam kereta dan mencari tempat duduk kami di gerbong 1, siap-siap berangkat!
Perjalananpun dimulai, riuh gemuruh suara rel kereta, dan pintu gerbong yang bergoyang membuat susana perjalanan semakin nyaman, bincang-bincangku bersama temanku didalam gerbong, sedikit demi sedikit sembari menghabiskan perbekalan kami untuk teman obrol kita selama perjalanan menuju jogja

And anyway bgt nih, setelah sampainya kami di jogja, kami akan menginap di rumah stay nya reghy dan yudha tepatnya di Jakal Jl Kaliurang Km 7 Sleman, Yogyakarta yang kami sebut "kontrakan si mbah" h3h3 karena si mbah adalah orang yang punya rumah yang akan kita tempati. kebetulan kamarnya yudha kosong karena dia sedang pulang ke mojokerto kampungnya. Mereka adalah teman se perantauannya obeid di jogja, dan obeid adalah teman SMA kami di jakarta yg sekarang sedang melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Wah lumayan bgt kan punya temen yg ada diluar kota gini, jadi kalau main ga perlu repot repot cari hotel dan penginapan, ngurangin budget juga sih hehehe... Sudah berkontekan dengan reghy dr sebelumnya dan kebetulan bgt dia juga asli sunda cianjur pas banget kan jadi ngobrolnya bisa sundaan gitu, walaupun belum pernah kenal sama sekali tapi kayaknya reghy anak yang baik-baik,buktinya dia mau nampung kami berdua untuk menginap selama 3 hari di homestaynya, Lumayan bgt dong ngurangin budget, dan dikasih pinjem motor pula, motornya si yudha, karena yudha pulang kampung naik bus, alhasil motornya lagi nganggur dan dipinjemin deh, untuk jalan jalan keliling jogja, Kurang baik apa? Hem Suasana jogja sebentar lagi bakal kerasa dan akan segera sampai di stasiun lempuyangan. and thannnnnnnnnnn!!!! just arrived kitapun sampai di jogja pukul 20.00

Wilujeung sumping jogjaaaaa!!!!!!! btw berhubung aku ga faseh banget ngomong bahasa jawa, jadi aku sambut jogja dengan bahasa sunda, so have a nice short holiday yiiiiiiii dingin dan ramahnya suasana jogja menyambut kedatanganku malam itu, aku langsung keluar dari stasiun dan mencari makan sembari istirahat sebentar dan nunggu reghy untuk jemput.
berhubung perut emang always gabisa diajak kompromi, akhirnya aku dan cendana mutusin buat makan nasi goreng gerobak depan stasiun, lumayan buat sedikit ganjel biar gak sakit dan gak bad holiday juga besoknya. Sekitar jam 20.30 WIB aku selesai makan, reghy dan temanya aji ternyata sudah sampai di stasiun, kami pun langsung siap siap menuju ke homestay nya mereka, And Say Haiiii buat reghy dan Aji, kami di jemput oleh mereka berdua dengan 2 motor, seneng juga walaupun belum kenal dan hanya kenal mutual aja sama obeid, but mereka emang baik banget udah mau repot-repot jemput kami ke stasiun dan nampung kami selama di jogja, Wah so very thankyou buat kalian Reghy dan aji, Reghy pun langsung mengajak kami menuju homestay nya di jl. kaliurang km 7, Yuhuuuuu jogja pada malam itu, bener bener gak bisa di deskripsikan waw banget, keluar dari riuh ramainya jakarta dan menjamah ke kota yang amat sangat ramah ini, Jogja, iya Jogja. kota yang banyak menyimpulkan sejuta cerita di setiap sudutnya.
Malam itu, malam minggu loh first time bgt malmingan dijogjakardaaah, kami sampai di homestaynya aji, pas nya adalah kost an nya aji karena kosnya aji dan rehgy ga begitu jauh jaraknya. "Ini kost an aku" sambil nunjuk rumah yang bertingkat, kamipun hanya angguk angguk kepala, "Mau mampir dulu?", Sebenernya sih mau aja, cuman karena gak enakan kitamah orangnya dan mau cepet-cepet istirahat juga jadinya kami langsung ke homestaynya reghy krn disana lah kami akan menginap "Makasih, mau langsung aja" jawabku.
Sesampainya kami di rumah staynya reghy, "Ini rumahnya, masukin aja motornya kalau ga mau keluar lagi" kata si reghy, dan waw satu rumah gitu, agak sedikit serem juga sih, btw ga sempet foto rumahnya hehe.. ada si mas, gatau mas siapa namanya kami manggilnya si "mas" tanpa tau namanya yg ternyata dia adalah alumni UNY yang tinggal bareng sama reghy dan yudha di rumah itu. "Ini kamarnya, dipake aja gapapa kalau mau istirahat, kamar mandinya ada dibelakang" reghy sambil bukain pintu kamar. Cukup oke sih, angker angker gimana gitu ala -ala jogjaaah tapi ga jadi masalah buat kita yang penting kita udah dapet homestay yeaaay.
Hahhhhhhh, rebahin badan dan sedikit cing cong an malam di jogja pada waktu itu sambil bongkar packinga-an, leyeh leyeh santai beristirahat, "Cen lumayan lah ya? // "Lumayan lah,"// "Jangan berisik cennn sssst bacot"// "Elaaaaah iyaaa maaap maap" kamipun beres beres packingan, dan mencuci muka, bersihin badan hati dan pikiran eaaa siap siap buat exoplore jogaa di besok harinyaa, Reghy : "Man, nanti kalau ga kemana mana motornya masukin aja kedalem, pintunya kunci, kuncinya taro diatas pintu aja, kalau ada apa apa kabarin aja ya aku mau ke basecamp dulu" "ohiya gi, thankyou ya"
Malam itu sekitar jam 10-11an, aku tidur agak kesamping dan dikarpet pula, dan temenku di kasurnya agak mentok ke tembok, sembari ngobrolin palnning buat besok, mata mulai kreyep sayup sayup ngantuk, ditambah sepi suasana rumahnya si mbah, cuma ada kami dan si mas yang kamarnya bersampingan, cerita dan halusinasi horrorisme mulai keluar tapi tetep aja namanya ngantuk ga ada yg bisa dilawan, sedikit obrolan lama lama hening, disuatu ketika kamar yg aku tempatin ini kebetulan sampingnya ada aliran air kecil, jadi kedengeran banget suara aliran airnya tiap malem, pas banget lagi ngantuk ngantuknya, tiba-tiba ada suara "tokek... tokek" kedengaran dengan suara yang lantang layaknya paduan suaraa, padahal kayaknya tuh si tokek cuma ada satu, "Man, man... Man!!!!!"// "Paansi cennnnn elah"// "Suara tokek dah masa"// "Yaudah si tokek doang aaah" ngomong dengan mata kreyep kreyep setengah tidur and.... Oke skip sudah pagi, ayam sudah mulai berkokok, dan bersiap untuk lets goowwww. si tokek semalem terus jadi perbincangan kita di pagi hari, karena aku semalem udah ngantuk banget makanya jadi setengah sadar hahaha... tapi gak cuma semalem si tokek bunyi, sampai di malam kedua dirumah si mbah kita masih di dendangkan oleh suara si tokek itu! Hem, no problem sih sebenernya be positif saja.
Mowrninggggg jogjaaah!Hoaaam sambil nguletin badan bekas pegel-pegel dikereta semalem,  Day-1 dimulai, selepas beberes dari bangun pagi, mandi, dan embel-embelnya, kita belum tau jelas bakal kemana di kota orang, hahahaa yang pasti tujuan pertama adalah pantai gunung kidul, berhubung kita dipinjemin motor, sempet bingung dan ga mau pake motor niatnya malah mau naik bus dan angkutan umum aja, karena naik motor gak tau rute nya kemana aja, tapi ujung-ujungnya kita milih buat naik motor aja karena selain minim waktu bisa minimin budget juga hihi, "Gy keluar dulu yaa" // "Ohiya man, siap hati hati ya" jawab reghy // "gy kalo ke arah gunung kidul lewat mana ya?"// " Oh ini keluar dari gang ini, kanan, terus lampu merah itu nanti ambil kiri aja nanti ikutin jalan aja arah gunung kidul" Jawab reghy. Fix kita naik motor keliling jogjaaah ahay, tinggal ikutin arah jalan aja dan tinggal nanya-nanya sama orang.
First morning, Nyarap everywhere karena belum sempet masukin apapun kedalem perut ini rasanya belum afdol ya gaes, Pagi pertama kita melipir di "stage bubur" as a buryam, alias bubur ayam, pas banget dibelokan daerah depok jogja, Asli kalo menurutku sih itu buryam nya enak bgt! entah apa karena emang perutku aja yang lagi laper kronis, buryam sate ampela+teh tawar panas, cukup buat mengawali pagi pertamaku dijogjaa, sembari nanya sama orang situ untuk arah kegunung kidul, well sarapan day 1 is done and goooow, muter semuter muternya kita di sekitaran jogja-wonosari, entah kenapa sampe kesasar berapa kalipun kita seneng pake banget apalagi kalau sampai ketempat tujuan, oh no jogjah ur so amazing!
Berjalan lebih jauh ke entah berantahnya jogja, menikmati minggu nya jogja yang sepi dan ramah, kita akhirnya sampai ke arah yang menuju wonosari - gunung kidul, tujuan pertama kita adalah pantai timang, kita penasaran akan pantai yang ada gondola nya itu, sesampainya di wonosari ada 2 persimpangan yang bikin kita nyasar dan salah jalan, sampe sampe kita muter sudah terlalu jauh, sekitar jam 10an kita masih ngubek ngubek gunung kidul dan belum sampai ke pantai timang, akhirnya nanya sama tukang ojek sekitar dan diarahkan langsung ke arah pantai timang, anyway pantai timang ini adalah yang jaraknya cukup jauh dan memiliki treq yang wuaaaaw amazingnya jalan yang berkelok like a halilintar nya dufan huh, kalian harus banget cobain treq ke pantai timang ini menggunakan motor matic, treq perjalanan gunung kidulnya emang berkelok kelok, tapi pas sesampainya di pintu masuk pantai timang batu batu besar men yang harus kita trobos, sebenernya sih ada jasa ojeg ataupun bisa jalan kaki santai untuk menuju pantai sekitar 10km, cuma emang ya kitanya aja yang budget jadinya trobos deh pake motor hehe.
Finally!!!!!!! waaaaaah day 1 kita terbayarkan lunas dan cash cod haha, sampai di lokasi pantai timang sekitar jam 11 kurang, karena udah terlalu excitednya mungkin setelah sekian perjalanan yang jauh, kita langsung bergegas menuju pantai timang
Just for your information, Pantai timang ini adalah salah satu spot yang sangat indah, ciri khasnya adalah kereta gondola yang kita bisa menikmati pantai luas dengan menikmati gondola itu, untuk sekali naik gondola itu dikenakan tarif per kepala sebesar 150,000 per maret 2016 ya, harga dapat berubah sewaktu-waktu, dan gausah khawatir di timang juga banyak banget jajanan, jadi siapapun bisa menikmati suasana pantai apalagi sunset sekaigus ditemani makanan + kopi (kalau aku sih kopi) hehe. Oke skip gak berlama lama kita di timang, karena kita akan melanjutkan perjalanan lagi ke destinasi selanjutnya.

Selepas keluar dari timang, kita menuju turun dari gunung kidul dan menuju pantai yang ke 2 kalinya yaitu pantai pok tunggal, wueeeehh sekitar jam 12 tengah hari bolong dan sedang panas panasnya jogjaah, kita sudah sampai di lokasi pok tunggal, cukup membayar seikhlasnya dan parkir motor saja, kita sudah bisa menikmati pantai pok tunggal

Pantai Pok Tunggal
Btw, kaca mataku miring skip ajalah jangan fokus sama kaca matanya hehe, Sambil main air di tengah hari bolong, emang wajib banget mau itu panas terik sekalipun, rencananya sih ga mau main air karena ga bawa salinan baju, tapi ternyata kita kalah oleh jogja, kita terpengaruh oleh keindahan pok tunggal dan akhirnya main air juga, masalah basah nanti juga kan bakal kering karena panas, istirahat sebentar di warung jajanan cuma beli aqua botol dingin sambil bersihin badan dari pasir pasir pantai, sekitar jam 14.00 kami pun gak berlama di pok tunggal, karena akan melanjutkan destinasi selanjutnya, kemudian setelah itu kami turun meningalkan kawasan gunung kidul dan kembali ke arah jogja.
Perjalanan turun dari gunung kidul gak lupa nyari spot buat ambil foto, emang gak boong deh wonosari itu sekoy alias indah bgt, desa yang masih asri dan indah banget pemandanganya, aku lewatin sebuah rumah dan lapangan bola yang luas banget, ternyata itu adalah balai warga nya wonosari gunung kidul
Nih balai desa Wonosari - Gunung Kidul
Oke, siang itu sekitar jam 14.30 kita sempet berenti di warung istirahat sebentar karena lumayan juga perjalanan PP naik motor smabil isi bensin, siang itu perutku gabisa diajak kompromi, laper kronis parahnya karena aku emang anaknya laperan jadi dikit-dikit harus ngunyah hehehe.. becanda deh
Someday, siang itu sekitar jam 15.00 menuju jalan pulang ke arah jogja, dengan sepeda motor yang kita naikin, seketika ada peristiwa yang tidak terduga, itulah kenapa budget di list weeknd kita harus ditambah sama "biaya tak terduga" buat jaga-jaga kalau ada hal-hal yang ga terduga kita punya simpenan, ceilah simpenan. "GUBRAKKKK" detik-detik lampu ijo bergantian lampu merah, sebenernya emang aku gas ngebut supaya masih bisa kedapetan lampu ijo, eh ternyata mobil didepan berhenti tiba-tiba, dan alhasil motorku nabrak spakeboard belakang mobilnya pas bgt lagi lampu merah, Hening, Biasa aja, seakan-akan ga terjadi apa-apa, kita cuma liat-liatan sama yang punya mobil, supirnyapun tidak turun sama sekali dari mobil buat ngecek mobilnya, apa lah, tidak ada omongan apapun ita sama sama hening, tapi, motorku yang akhirya rusak, gak terlalu parah, cuma patah kebelah dua aja, mulai panik dan takut, gaenak, rasa campur aduk bawa motor orang bisa nabrak dan rusak gini, Hadeh. cuman ga sampe bad weeknd sih, tetep aja jalan akhirnya pun kita mulai hati-hati bawa motor, sebenernya emang akunya aja yang naik motornya ngebut.
Day1 sebentar lagi akan berakhir, niatnya hari pertama kita jamah 2 lokasi, selain timang gunung kidul kita mau ke pacuan depok, cuma sikon dan waktu yang gak memungkinkan banget alhasil perjalananpun akan dilanjutkan di hari besoknya di Day ke-2, Sudah sampai di daerah jogja dan meninggalkan gunung kidul kita mendarat (asyik mendarat) di bangun tapan, pas pada pukul 16.00 sore itu jogja mendung, sedikit tidak ceria, sebelah awan sana cerah dan sebelah awan sini mendung, perut sudah laper kronis banget dari nabrak tadi belum sempet keisi terus kita muter muter sekitar banguntapan nyari makanan, akhirnya nemu di warung "baskom" alias bakso komplit, fyi aja yah, bakso di jogja wuenaa tenan, disini juga ada soto, babat, daging dan ayam dan juga harganya terjangkau murah deeh, yuk cobain ke baskom kalau ke jogja! Gak lama selesai makan, kita sebenernya maksa buat ke pantai depok juga, cuman cuaca yg ga mendukung dan jarak yg lumayan jauh juga alhasil setelah muter-muter bangun tapan, sleman, kota gede kita back to homeee si mbah, pas banget sekitar jam 18.30 kita balik ke rumah si mbah, Istirahat, Dan Lanjutin besok di day ke-2.
Met Pagiiii, Pagi ke-2 sambut kota pelajar ini, pagi ini kami sudah rapih dan siap untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Pantai pacuan depok - Parangtritis, yang lumayan agak jauh dari jogja sekitar 22-23 km. Pagi ini agak sedikit molor gara-gara kegabutan kita, kunci pintu yang kita cari diatas pintu ga ada, kita kekunci dari dalem, disangkanya kuncinya dibawa sama reghy karena reghy semalem tidur di tempat basecampnya dia, kocar-kacir nyari konci ga ada, bolak-balik depan belakang "Duh gimana nih cen"// Masa ga ada koncinya, dicoba ngeraba ke atas pentilasi pintu lagi, tetep ga ada juga, Wah panik kronis meeen gak mungkin kita harus teriak minta bukain pintu hahaha... Akhirnya kita minta bantuan si mas yg ada di dalem kamar, sebenernya si cendana sih yang manggilin, gak enak sih takut disangkanya gangguin orang tidur ya abisnya mau gimana lagi mau ga mau kita harus nanya sm yang punya rumah, "Mas, Mas... tok tok tok " Saut cendana, gak lama akhirnya si mas keluar sambil senyum gitu, "Konci mas?"
dan zonkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk tau ga? tuh konci ternyata ada di sela kedua pentilasi, sedangkan kita cuma ngeraba di sela paling bawahnya ajaa. Haduuuuuh emang dasar deh ampun, kurang telitinya kita sampe harus bangunin orang.
Lanjut, keluarin motor ternyata diluar ada si mbah lagi nyapu, yang sebelumnya keberadaan kita disini si mbah gak tau, waduh belum izin apa-apa udah maen nginep aja, kitapun samperinsi mbah dan cium tangan, si mbah nanya nanya gitu, "ini siapa" kita jawabnya sodaranya reghy, krn reghy awal bilangnya ada sodaranya yg mau nginep di rumah ini, Huffffh untungnya si mbah ini baik dan ramah juga dan bisa nerima kita dirumahnya, btw Terimaksih mbaaaaah rumahmu sungguh nyaman dan tentram hihi.